Info Kesehatan: Benarkah minum “Air Kelapa” Bikin Tubuh Anda Terhidrasi Lebih Baik?

GREATDAY (A) 13APR2016RB Partner, Air kelapa banyak dipromosikan sebagai asupan yang dapat ‘menyegarkan’ dahaga Anda. Berbagai produk mengklaim diri memiliki gula alami dan kandungan elektrolit yang akan membuat tubuh terhidrasi lebih baik ketimbang air. Meskipun komposisi air kelapa ini layaknya ‘versi ringan’ dari minuman berenergi untuk berolahraga. Lalu apakah air kelapa benar-benar melakukan tugas untuk menghidrasi tubuh sebaik itu?

Dikutip dari merdeka.com, RB Partner, Secara nutrisi air yang berasal dari dalam kelapa ini, mengandung 45 kalori, 11 gram karbohidrat yang terdiri dari 9 gram gula alami, 70 miligram sodium dan 500 miligram potasium dalam satu cangkirnya. Jika dibandingkan, satu botol air sama sekali tak memiliki kalori, karbohidrat, sodium maupun potassium.

Dari kandungan ini, beberapa studi mencoba untuk meneliti dampak dari seseorang meminum air kelapa, terkait terhidrasinya tubuh mereka pasca berolahraga. Hasilnya cukup menarik, di mana tak ada perbedaan signifikan antara air kelapa, minuman berenergi untuk olahraga maupun air mineral biasa. Di sebuah studi yang dihelat tahun 2012 bahkan menyatakan bahwa air lah yang memberi efek hidrasi paling baik, jika dibandingkan dengan air kelapa asli atau air kelapa kemasan yang sudah dikonsentrasi, serta minuman berenergi.

Jadi jika disimpulkan dari berbagai penelitian baik air, air kelapa maupun minuman berenergi punya kualitas yang sama dalam menghidrasi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Sehingga, air mineral adalah pilihan paling cermat serta murah untuk mengatasi dehidrasi Anda.

Namun jika Anda memang sedang rutin berolahraga dengan kondisi panas yang luar biasa, seteguk air kelapa tentu dapat meningkatkan performa ketika berolahraga. Hal ini tentu karena air kelapa mengandung gula, yang merupakan ‘bahan bakar bagi otot, serta sodium yang merupakan elektrolit yang penting bagi jalannya proses hidrasi tubuh.